Satu hal yang saya telat pelajari adalah mengelola keuangan dengan baik, setelah membaca Financial Journey nya Alodita, saya setuju bahwa Merdeka secara finansial adalah hal yang esensial. We never knew what will happen, at-least kita mempunyai cadangan atau bumper just in case something happen. Namun, kita juga harus mempunyai specific goals untuk berhemat, karena menabung dengan alasan memang sudah kewajiban adalah loophole yang akan kamu temui, tapi jika ada specific goals seperti Tahun ini mau berangkat ke suatu tempat, kamu ada motivasi untuk menolak ajakan teman makan di high end restaurant.

Beberapa cara yang saya lakukan untuk Cutting Out Budget :

  1. Daripada membayar membership gym setiap bulannya dan belum tentu akan datang ke gym karena jauh dan terkadang sudah terlanjur malam, sekarang saya balik lagi melakukan olahraga dengan melihat video di youtube, cukup 30 menit saya sudah keringatan, dan plus side nya, kita tidak harus berbagi peralatan dengan keringat orang lain dan bisa langsung ke toilet untuk mandi.

2. Sebagai ganti membeli makanan di luar sekarang saya lebih suka membawa bekal dengan lauk mama dari rumah, hematnya jauh banget dan jelas kebersihannya serta lebih sehat, karena kita tahu mama akan masak masakan yang bermanfaat untuk anak-anaknya.

3. Memilih menonton online daripada pergi menonton dibioskop, selain hemat waktu perjalanan untuk pergi ke Mall, juga hemat bensin dan kita tidak tergoda untuk membeli hal yang lain.

4. Membawa air sendiri dibandingkan membeli air botol. Banyak yang ga sadar, dalam sebulan kita bisa menghabiskan banyak dana loh jika beli air kemasan terus-menerus. Usahakan untuk membawa air kemanapun kamu pergi, hal ini juga merupakan salah satu upaya kita untuk menekan penggunaan plastik yang sudah merajalela dan berdampak pada pemanasan global.

5. Saat ini berbelanja online lebih murah daripada belanja langsung ke toko, beberapa kasus yang saya temui, harga suatu produk bisa selisih Rp50.000,- rupiah. Tipsnya adalah belanja langsung ke official store nya dan ambil program free ongkir *wink

6. Tidak ada salahnya untuk berbelanja ke Traditional Market a.k.a Pasar dari pada ke supermarket, selain kita membantu perekonomian penjual menengah ke bawah, kita juga menghemat pengeluaran, karena selisih harganya jauh banget.

7. Control Yourself. Once again, niat yang baik kalau tidak dibarengi dengan aksi sama saja sia-sia. So, Good Luck, semoga kita bisa merdeka secara finansial.

P.s. sekarang saya lagi suka dengerin Podcast dari NPR tentang Find Money You Didn’t Know You Had. So many insight.

Icons made by Eucalyp from www.flaticon.com is licensed by CC 3.0 BY

Advertisements
Posted by:Tria Dara Barlian

04:07 we can start to send out messages in a bottle, we can sing, write poetry, produce books, and blogs activities, stemming from the realization that people around us won't ever fully get us, but that others separated across time and space might.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.