Saya tertarik untuk membahas hal ini, melalui artikel yang saya baca dari inc.com, google telah menghabiskan banyak waktu untuk meneliti karakteristik pimpinan hebat. Ada 13 pertanyaan yang digunakan google untuk mengevaluasi kepemimpinan di organisasinya:

1. My manager gives me actionable feedback that helps me improve my performance

Salah satu tanda, anda berada di tangan yang tepat adalah ketika pimpinan anda peduli dengan kualitas pekerjaan, ketika menyerahkan draft pekerjaan, pemimpin yang baik akan meneliti satu persatu kata, tanda baca, data, jumlah titik, besaran paragraf, layout, dan lain sebagainya. Alasan hal tersebut dilakukan di atas karena ia tahu bahwa hasil pekerjaan tersebut merupakan representasi dirinya dan orang-orang di bawah naungannya. Ia tidak mau asal jadi, walaupun terkadang waktu yang digunakan untuk menyelesaikan pekerjaan itu menjadi lebih lama.

2. My manager does not “micromanage” (get involved in details that should be handled at other levels).

Hal ini esensial. Jika pimpinan tersebut menginterupsi hal-hal kecil yang sebenarnya bisa ditangani oleh bawahannya, ia hanya akan terkesan memaksakan dan melanggar prosedur. Staf akan merasa tersinggung, dan dianggap tidak mampu untuk menyelesaikan pekerjaannya. Pimpinan hanya bersifat membimbing, tidak mengerjakan hal-hal teknis yang bisa dikerjakan oleh staf.

3. My manager shows consideration for me as a person.

Mereka tahu ketika stafnya sedang kelelahan karena tuntutan pekerjaan yang banyak, atau mempertimbangkan apa kebutuhan bawahannya untuk menyelesaikan pekerjaannya. Mereka akan mengucapkan terima kasih ketika sudah dibantu, memperlakukan staf dengan selayaknya.

4. The actions of my manager show that he/she values the perspective I bring to the team, even if it is different from his/her own.

Sebelum mengambil keputusan, Mereka akan memberikan kesempatan kepada stafnya untuk menyampaikan aspirasinya, untuk melihat segala kemungkinan dan melakukan riset, sebelum mengambil keputusan yang terbaik.

5. My manager keeps the team focused on our priority results/deliverables.

Sebelum pekerjaan selesai, biasanya Pimpinan Hebat akan menanyakan sudah sampai dimana progres pengerjaannya, ia akan memantau deadline pekerjaan tersebut, dan memberikan masukan-masukan untuk membantu staf jika terhambat dalam pekerjaan.

6. My manager regularly shares relevant information from his/her manager and senior leaders.

Suatu struktur organisasi yang baik, adalah jika permintaan pimpinan sampai kepada level general manager, manager dan staf dengan tepat dan tidak ada informasi yang hilang, sehingga pada saat proses penyelesaian pekerjaan di tingkat bawah sesuai sampai dengan ke atas.

7. My manager has had a meaningful discussion with me about career development in the past six months.

Nah, ini nih yang paling penting. Kapan terakhir kali anda membicarakan tentang rencara karir anda. Rencana mengambil sarjana, magister atau rencana mengambil doktor. Mendiskusikan jurusan apa yang tepat untuk anda ambil, dimana anda mengambilnya dan kapan. Pimpinan yang baik peduli akan hal itu, mereka mendukung staf nya untuk maju ke depan, walaupun resikonya harus ditinggal staf sementara ketika menyelesaikan studinya.

8. My manager communicates clear goals for our team.

Jika staf tidak jelas akan hal yang akan dikerjakannya, hal ini hanya akan menimbulkan kesemrawutan saja. Tidak ada arahan yang jelas kemana “kapal” akan berlambuh, dan akhirnya “kapal” hanya akan terombang-ambing dilautan.

9. My manager has the technical expertise (e.g., coding in Tech, selling in Global Business, accounting in Finance) required to effectively manage me.

Hal ini jarang, dan biasanya pimpinan yang mempuyai keahlian khusus ini akan banyak digemari, karena banyak ilmu yang bisa didapatkan darinya.

10. I would recommend my manager to other Googlers People.

Pimpinan Hebat tentu akan direkomendasikan oleh stafnya, karena ia bangga akan hasil pekerjaan atasannya.

11. I am satisfied with my manager’s overall performance as a manager.

Ok, ini kembali kepada pribadi masing-masing, performance yang baik pasti ditandai dengan pekerjaan yang selesai tepat waktu dan diselesaikan dengan benar.

12. What would you recommend your manager keep doing?

13. What would you have your manager change?

Seperti yang pernah dikemukakan oleh linkedin awal tahun 2019, soft skill sangat berpengaruh, disamping keahlian yang dimiliki. Dalam perjalanan Saya sebagai staf, alhamdulillah Saya sudah bertemu dengan beberapa pimpinan hebat yang menginspirasi.

Picture Credit :

Icons made by dDara from www.flaticon.com is licensed by CC 3.0 BY
Advertisements
Posted by:Tria Dara Barlian

04:07 we can start to send out messages in a bottle, we can sing, write poetry, produce books, and blogs activities, stemming from the realization that people around us won't ever fully get us, but that others separated across time and space might.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.